WhatsApp : Aplikasi Messenger Terkini Saingan BBM. Untuk Nokia, Android, BB, dan iPhone

Standar

WhatsApp sudah tidak asing lagi ditelinga kita, yups bagi para pengguna ponsel pintar seperti Android, Symbian, Blackberry ataupun iPhone pasti sudah memiliki dan men-Download WhatsApp di ponsel nya. Sudah tahukan kamu apa itu WhatsApp atau Sudahkah kamu Download WhatsApp? Kalau belum mari kita bahas bersama-sama apa itu Whatsapp dan apa saja fitur serta cara menggunakan whatsapp dan nantinya saya juga akan memberikan link Download WhatsApp for Samsung, WhatsApp for Android, WhatsApp for iPhone dan WhatsApp for Blackberry.

whatsapp 269x260 Free Download Aplikasi Whatsapp

whatsapp-logo

Whatsapp merupakan sebuah aplikasi pesan yangcross-platform pada ponsel ,yang memungkinkan anda untuk bertukar pesan tanpa membayar biaya untuk sms. Aplikasi ini sebenarnya dibuat untuk Iphone, namun sekarang aplikasi ini bisa anda nikmati bagi anda pemilik ponsel dengan operating system Blackberry, Android dan Symbian. Banyak orang yang menyebut WhatsApp adalah BBM for Android karena fungsi whatsapp hampir sama dengan BBM pada Blackberry.

Menurut situs resminya kurang lebih seperti ini :  WhatsApp Messenger sebuah aplikasi mobile messenger yang mendukung multi platform yang bisa menggantikan fungsi SMS dan bekerja menggunakan jaringan koneksi data (internet) yang sudah ada. WhatsApp hingga saat ini mendukung iPhone, BlackBerry, Android dan Symbian S60.

Dengan asumsi para pengguna handphone saat ini memiliki layanan paket data secara permanen, maka bisa dikatakan operasional WhatsApp ini gratis, nggak makan pulsa lain lagi. Maka dari itu, jangan terkecoh dengan iklan yang misal mengatakan bahwa chatting via WhatsApp-an itu gratis… :D

Untuk aplikasi WhatsApp itu sendiri, sifatnya gratis untuk satu tahun pertama. Kita bisa mendownload aplikasinya secara gratis (disini), tapi untuk tahun kedua, kita harus membeli layanan aplikasi ini sebesar $1.99 USD/tahun. Dengan besar biaya layanan “cuma” sebesar itu, kalau memang bermanfaat, saya pikir harga segitu terbilang sangat murah kan!? :)

Adapun fitur serta kelebihan yang disuguhkan Whatsapp adalah :

1. WhatsApp memiliki fitur yang bisa dibilang komplit, karena dengan Whatsapp selain kita bisa berkirim teks, kita juga bisa berkirim Gambar, Video, Suara, dan kerennya lago, kita bisa berkirim Lokasi GPS via hardware GPS atau Gmaps
2. Aplikasi Whatsapp terintegrasi ke dalam sistem, layaknya sms, kita dapat menerima pesan tanpa perlu membuka applikasi terlebih dahulu.
3. Aplikasi Whatsapp memiliki status pesan yang berupa tanda, tanda tersebut adalah :
- Jam Merah untuk Proses loading di HP kita
- Tanda Centang jika pesan terkirim ke jaringan
- Tanda centang double jika pesan sudah terkirim ke teman chat.
- Silang merah jika pesan gagal
4. Aplikasi Whatsapp memiliki fasilitas Broadcast dan Group Chat. Dimana dengan fasilitas broadcast, kita dapat mengirim pesan ke banyak pengguna, sedangkan fasilitas Group chat dapat kita gunakan untuk mengirim pesan ke anggota sesama komunitas.
5. Aplikasi Whatsapp tidak memerlukan login dan loading contact/avatar, sehingga dapa menghemat penggunaan Bandwidth
6. Aplikasi Whatsapp dapat dimatikan, dan hanya aktif jika ada pesan masuk, sehingga bisa menghemat baterai

Berikut langkah-langkah menginstal aplikasi Whatsapp di ponsel kita :

1. Terlebih dahulu kita download aplikasi Whatsapp, untuk mendapatkannya aplikasi ini, anda bisa mendownloadnya di sini:

DOWNLOAD -> Whatsapp Android
DOWNLOAD -> Whatsapp Symbian
DOWNLOAD -> Whatsapp Blackberry
DOWNLOAD -> Whatsapp iPhone

2. Masukkan kode negara. Indonesia kodenya (+62) –> +62 adalah pengganti angka 0
3. Masukkan nomor sisanya ( misal : 878 123 456 789)
4. Tunggu verifikasi dan notifikasi dari whatsapp.
5. Selesai. Done !

Nih screenshootnya:

nah ini notifikasi kalo ada WA yang masuk, sistemnya kayak sms juga

 

SS yang pertama, dengan tanda centang 2 itu artinya pesan chat kita udah terkirim ke hape temen chat kita tersebut.

SS yang kedua, centangnya ada 1 itu berarti pesan kita baru nyampe ke jaringan, belum nyampe ke hape temen .

SS yang ketiga, gambar jam merah itu artinya proses loading di hape kita, biasanya sih bisa jadi karna gprs di hape lagi ngadat .

SS ke empat untuk contoh pengiriman gambar.

 

kalo SS diatas itu, SS pertama itu list chatnya sedangkan SS yang kedua itu list favorite yang sinkron ama kontak HP, jadi bagi siapa aja kontak kalian yang ngegunain aplikasi ini, bisa langsung ke detect sama Whatsapp, karna sistemnya whatsapp menggunakan PIN nomer hape dengan memakai kode negara masing-masing


Berikut adalah pembeda Whatsapp dengan messengger lain :

1. Saat registrasi, tidak membutuhkan data nama dsb, karena pada awal instalasi kita hanya diminta untuk memasukkan nomer handphone. Nomer hp kita ini lah yang nantinya jadi identitas id kita di WhatsApp (mungkin semacam PIN BB pada BlackBerry Messenger/BBM). Apabila nomer HP kita belum ada di daftar phonebook seorang teman kita, dan kita mengirim sebuah message kepadanya, maka nomer HP kita itu yang nantinya muncul sebagai ID. Persis seperti SMS.

2. WhatsApp friend list otomatis load dari daftar phonebook kita. Teman-teman kita yang sudah menginstall WhatsApp otomatis akan terdaftar di daftar teman pada aplikasi WhatsApp.

3. Tidak perlu sistem login seperti di aplikasi chat lain seperti Y! messenger atau Gtalk.

4. Penggunaan persis seperti SMS, tinggal ketik dan kirim, dan ada notifikasi mulai dari “mengirim” – “terkirim” dan “diterima” yang bisa dilihat dari jumlah icon centang di setiap pesan yang dikirim.

5. Untuk bertukar / share gambar – audio atau file lain juga terbilang lebih praktis dibanding aplikasi messenger lain.

6. Ada chat-log (atau chat history) yang tersimpan selama kita belum memutuskan menghapusnya. Konsekuensinya sih nyedot memori hp, tapi bisa di-back’up dengan mudah dengan cara mengirim chat-log tersebut ke email.

Nah, di sisi lain, karena menggunakan nomer HP sebagai identitas di WhatsApp ini, gak sedikit juga orang menganggap bahwa urusan privacy jadi kurang. Ya tergantung bagaimana kita melihatnya sih, kalau menurut saya sih privacy saya tidak merasa dilanggar. :) Anggap saja bila kita siap berbagi “akun WhatsApp” itu sama halnya dengan berbagi nomer HP. Sejauh ini sih saya menggunakan WhatsApp kepada orang-orang yang memang sudah ada di daftar phonebook, bukan untuk disebar-luaskan. :D

Namun, buat semua yang merasa memang risih dengan masalah privacy nomer HP, bisa dicoba tips untuk menggunakan WhatsApp tanpa harus bagi-bagi no HP. Oh ya, untuk keabsahannya belum bisa dipastikan 100% ya! :D

> Cabut nomor HP primary, pasang nomor yang lain, register di WhatsApp kemudian ganti lagi ke nomor primary. Nah, yang terdaftar di WhatsApp adalah nomer lain tsb. Resikonya, teman-teman kita pastinya tidak mengetahui bahwa kita menginstall WhatsApp. :)

Itulah tadi WhatsApp – Aplikasi Buat BBM Android, silahkan di download dan ber-chat ria dengan teman-teman kamu dimanapun dan kapanpun menggunakan Aplikasi WhatsApp.

 

 

Sumber :

http://www.chockysihombing.com/2011/06/27/beda-whatsapp-dan-messenger-lain/

http://www.terpopuler.net/free-download-aplikasi-whatsapp

9 responses »

  1. Chat di whatsapp hilag tanpa di delete (sbelum saya back-up/ send to email)
    Gmn cara munculinya lagi ya ??
    Itu chat penting bgt soalnya.
    help please :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s