Sejarah Perkembangan Komputer

Standar

Artikel yang akan saya posting kali ini bertema Sejarah Perkembangan Komputer, dimana computer telah menjadi sebuah background kehidupan moderen. Perkembangan Teknologi Komputer diawali dengan ditemukannya beberapa alat yang membantu Manusia dalam mngerjakan aktifitas hariannya diantaranya :

 

Sempoa, telah hadir sekitar 5.000-an tahun yang lalu dan masih digunakan sampai sekarang, sempoa dapat dianggap sebagai komputer pertama. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk membuat perhitungan dengan menggunakan sistem geser manik-manik dan menyusunnya. Pada masa itu setiap pedagang menggunakan sempoa sebagai media perhitungan.
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), anak 18 tahun dari seorang penagih pajak Prancis, menemukan apa yang ia sebut dengan kalkulator, sebuah mesin numerik untuk membantu ayahnya dalam menyelesaikan tugasnya. Hasil penemuannya disebut juga dengan istilah Pascaline berbentuk kotak Kuningan persegi panjang.

 

Pada 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfried Wilhem von Leibniz (1646-1716), memperbaiki Pascaline mengembangkannya. Dengan mempelajari catatan asli dan gambar Pascal, Leibniz mampu memperbaiki mesinnya dengan mengubah sitem rida gigi yang ebih cepat.

 

Setelah perkembangan yang dilakukan oleh Gottfried Wilhelm von Leibniz, Seorang Prancis menemukan sebuah mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatika dasar. Kalkulator mekanik Colmar’s, arithometer, yang disajikan melalui pendekatan yang lebih praktis untuk komputasi karena bisa menambah, mengurangi, mengalikan dan membagi. Dengan fleksibilitasnya, arithometer ini banyak digunakan hingga Perang Dunia Pertama.

 

Pada tahun 1822 Charles Babbage menemukan sebuah mesin untuk melakukan persamaan diferensial, yang disebut Difference Engine. Mesin ini memiliki program yang tersimpan dan bisa melakukan perhitungan dan mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja di Engine Perbedaan selama 10 tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk mulai bekerja pada komputer umum tujuan pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King, Countess of Lovelace (1815-1842) dan putri penyair Inggris Lord Byron, berperan dalam desain mesin ini. Salah satu dari sedikit orang yang mengerti desain Engine, ia membantu merevisi rencana, pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik.
Setelah adanya penemuan Charles Babbge, Lady Lovelace adalah seorang programmer perempuan pertama dalam mesin penemuan Charles Babbge, Pada 1980-an, Departemen Pertahanan AS memberi nama bahasa pemrograman yang ditemukan oleh Lady Lovelace dengan nama ADA untuk menghormatinya.

 

Pada 1889, seorang penemu Amerika, Herman Hollerith (1860-1929), menerapkan konsep Jacquard untuk komputasi. Tugasnya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk menghitung sensus AS.

 

Pada tahun-tahun berikutnya, beberapa insinyur membuat kemajuan penting lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) mengembangkan sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan diferensial pada tahun 1931. Mesin ini bisa menyelesaikan persamaan diferensial yang kompleks Vannevar Bush juga seorang penemu Internet. Mesin tersebut praktis karena ratusan gigi dan poros yang diperlukan untuk mewakili nomor dan berbagai hubungan antara satu sama lain.  Artikel diatas adalah sebuah rangkuman yang dapatkan dari beberapa sumber, saya akui bahwa Artikel Sejarah Perkembangan Komputer tersebut masih banyak yang kurang.
-berbagai sumber-

3 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s